Wednesday, July 30, 2008

Ngajarin Orang Awam Komputer…

Kadang gw sering diminta untuk ngajarin tetangga gw komputer dari yang kecil sampe yg gede (baca: dari anak sampe bapak) buset dah para tetangga gw itu bener-bener BUTA bgt dah sama komputer, udah gitu kl minta di ajarin yang susah-susah lagi like ngedit photo, vlookup hlookup padahal gerakin mouse aja masih kagok :P capek dweh…ini sama aja belajar baca Al-Qur’an tanpa mengenal Iqra.

Tapi gw salut sama mereka, udah tua masih ada niat untuk belajar. untuk mengatasi penggunaan mouse yang masih kagok, gw punya metode sendiri yang ga disadari oleh pengajar komputer dimanapun( huhuehue sombonnya) install game zuma…yoi game zuma ini terbukti ampuh untuk ngatasin gagapnya pengunaan mouse. ini udah gw buktiin ke tetangga-tetangga gw yang gagap komputer termasuk cwe gw, alhasil setelah 1 minggu memainkan game zuma mereka udah ngga gagap lagi menggerakkan mouse :P trust me 100% works.

pas lagi gw ajarin ms word, tentu gw nyari bahan untuk di ketik, pertama yang gw selalu bilang ke mereka, “ini di ketik dulu, nanti baru di edit ya…” yang bikin gw BT itu nunggu selesai ngetiknya, buset lama bwanget dah…maklum namanya jg awam komputer. solusinya gw selalu nginstall game TyperShark salah satu game keluaran popcap yang ngelatih ngetik 10 jari, yoi…game yang satu ini salah satu game favorite gw, berkat game ini gw jadi bisa ngetik 10 jar. trust me.

berkat 2 game itu (baca: TyperShark & Zuma) tetangga gw jadi terbiasa menggunakan mouse dan mengetik. nah untuk Bapak-bapak, Ibu-ibu & adek-adek sekalian, kl mau belajar komputer coba install 2 game tersebut, cari orang yang mengerti untuk menginstall programnya.

Nah yang terakhir, jangan lupa untuk membeli buku-buku dasar penggunaan komputer dsb. buku adalah guru yang tak terlihat.

Picture by manips-of-artist2

No comments: